Universitas Pasundan
Fakultas Ekonomi
Cari Jurnal
Berita
Tanggal Posting
Penulis : Gugum Mukdas Sudarjah

Pengenalan Sistem Akademi dan Kemahasiswaan (PSAK) 2013 Fakultas Ekonomi

Pengenalan Sistem Akademi dan Kemahasiswaan (PSAK) 2013 merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK). Rangkaian acara OSPEK dimulai pada tingkat universitas dikenal dengan nama Orientasi Pengenalan Mahasiswa Baru (OPMB) pada Tanggal 10-13 September 2013, pada tahun akademik 2013/2014 Universitas Pasundan menerima mahasiswa baru sebanyak 4.850 orang di tambah dengan mahasiswa internasional berjumlah 20 orang.

 

PSAK 2013 dibuka secara resmi oleh sidang senat Universitas Pasundan, kemudian dilanjutkan dengan pagelaran seni tradisional dari tatar sunda, setalah rangkaian sidang senat ditutup acara kemudian dllanjutkan dengan mengikuti training ESQ yang dipimpin langsung oleh Founder ESQ Way 165 DR. H.C. Ary Ginanjar Agustian. 

Rangkaian OSPEK selanjutnya dilakukan pada tingkat fakultas, khusus untuk Fakultas Ekonomi istilah OSPEK lebih dikenal dengan anama Penganalan Sistem Akademi dan Kemahasiswaan (PSAK). Untuk tahun akademik 2013/2014 Fakultas Ekonomi menerima sekitar 885 mahasiswa untuk ketiga program studi, jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

 

Rangkaian acara untuk PSAK dimulai dengan pengukuhan Abah dan Ambu sebagai perwakilan dari mahasiswa baru, kemudian sambutan oleh Ketua Pelaksana kegiatan dan sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi DR. H.R. Abdul Maqin SE,.MP.

 

PSAK 2013 ini akan diselenggarakan selama 2 hari mulai tanggal 14-15 September 2013, kemudian dilanjutkan pada tanggal 16 September 2013 acara sudah diserahkan kepada program studi masing-masing dan pada tanggal 17-18 acara dilanjutkan kepada ospek program studi masing-masing.

 
Tanggal Posting
Penulis : Admin

Prodi Manajemen Raih "Indonesia Best School of Management 2013"

 

 

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAS berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu program studi manajemen terbaik dalam Indonesia Best School of Management 2013 dari Majalah Mix (Kelompok Media SWA). Anugrah ini merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, setalah sebelumnya pada tahun 2010 mendapatkan penghargaan serupa.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Dekan Fakultas  Ekonomi Universitas Pasundan Dr. H. R. Abdul maqin SE,.MP. dari Pemimpin Redaksi Majalah Mix Kemal Efendi Gani  dimalam acara penganugerahaan Indonesia Best School of Communications and Management 2013, pada hari  Kamis 5 September 2013 di Hotel Shangrilla Jakarta.

Pimpinan Redaksi Majalah Mix Kemal Efendi Gani menjelaskan, pemeringkatan yang dilakukan pada dasarnya  merupakan umpanbalik bagi perguruan tinggi terkait dalam pelaksanaan pendidikan tinggi, khususnya pada bidang  komunikasi dan manajemen.

Pemilihan dilakukan berdasarkan wawancara kepada stakeholders kampus yang terdiri dari calon mahasiswa, para  orangtua, serta praktisi Human Resources di perusahaan (sebagai user).Delapan variabel yang menjadi penilaian  adalah: Reputasi, Kualitas lulusan,Kesesuaian antara biaya dengan nilai/manfaat yang diperoleh, Kesetaraannya  dengan perguruan tinggi berkualitas di luar negeri, Fasilitas pendidikan, Kontribusi sosial bagi lingkungan sekitar  (Corporate Social Responsibility), Prestasi dan pencapaian-pencapaian yang sudah diraih, dan Rekomendasi.

Adapun cakupan survei adalah Sekolah Manajemen setara S1 yang terakreditasi A dan B di seluruh Indonesia.  Jumlah Jurusan/Program Studi Manajemen yang mendapatkan akreditasi A (57 sekolah) dan B (55 sekolah) dari  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (masa berlaku  akreditasi belum habis ketika survei dilangsungkan).

Sampel survei diambil dari populasi: 1) Siswa SMA/sederajat kelas 3 dan orangtua siswa di lima kota besar: Jabodebatek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Total responden siswa SMA dan orangtua siswa adalah 2.100 dimana 900 diantaranya tinggal di daerah Jadebotabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), dan masing-masing 300 responden di daerah lain. Survei kepada responden kategori ini dilakukan secara face to face; 2) Praktisi Human Resource (HR) di berbagai perusahaan di Indonesia sebagai user lulusan perguruan tinggi yang disurvei. Ada 75 HR executive yang disurvei untuk Sekolah Manajemen.

Selamat kepada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAS atas prestasi yang telah diraih. Semoga pencapaian ini dapat menjadi pengungkit untuk terus memberikan kontribusi yang terbaik terhadap pendidikan Indonesia.


Irv 2012.
Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan
Jl. Tamansari No 6-8 Bandung 40116 - Indonesia
Telepon : 022-4233646, 4208363 Fax : 022-4208363 e-mail : feunpas@bdg.centrin.net.id